header

SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS ADIWRNA Jl. Raya Selatan Banjaran Adiwerna Phone: (0283) 4542147

Senin, 12 Februari 2018

ADIWERNA WASPADA BANJIR

Camat dan Kapusk Adiwerna bersama Kasi Surveilans
Dinkes Kab. Tegal
Banjir yang melanda di beberapa desa wilayah Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, sejak sabtu pagi (10/02/18) akibat luapan sungai jembangan dan debit air hujan yang tinggi, mengakibatkan banyak kerugian. Masalah yang ditimbulkan dari banjir diantaranya adalah masalah kesehatan. Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas Adiwerna bersama kerja sama Pemerintah Desa, Kecamatan, PMI, PSC 119 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, melaksanakan Posko Kesehatan Pascabanjir di 3 lokasi berbeda.

"Kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka penanggulangan banjir di wilayah Kecamatan Adiwerna." Tutur Muhammad Natsir, Camat Adiwerna.
"Kepada pemerintah desa, diinstruksikan untuk mengitung berapa jumlah pengungsi di tiap desa masing-masing, agar memudahkan dalam menentukan prioritas penanggulangan." Lanjutnnya. 

Desa yang terkena banjir terparah dengan ketinggian air antara 80-175 cm adalah desa Tembok Lor dan Tembok Banjaran. Dari hasil koordinasi dengan Kepala Desa, Posko kesehatan pascabanjir dilaksanakan sejak hari minggu (11/02/2018). TGC Puskesmas Adiwerna terbagi menjadi tiga tim.  Tiap tim terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan yang lain. TGC bertugas untuk melaksanakan kegiatan kuratif, promotif dan preventif pascabanjir.


Pelaksanasan posko kesehatan
 “ Data yang diperoleh dari posko satu yang berada di RT.03 Desa Tembok Lor tedapat 71 pasien yang berkunjung ke posko, di posko dua yang berada di RT.03 Desa Tembok Banjaran sebanyak 100 pasien, dan di posko tiga yang berada di RT.05 Desa Tembok Banjaran sebanyak 121 pasien. Jadi total kunjungan di posko kesehatan sebanyak 292 pasien.” Ujar Isnaeni Setyani, petugas surveilans Puskesmas Adiwerna. 
“Pasien yang berkunjung ke posko kesehatan berasal dari berbagai kalangan usia, ada bayi, balita, ibu hamil, orang dewasa dan juga lansia.” Lanjut Isnaeni. 


Kadinkes Kab. Tegal pantau lokasi posko
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dr. Hendadi Setiadji, turut memantau langsung pelaksanaan posko kesehatan (11/02/2018). Beliau menyampaikan kepada TGC Puskesmas Adiwerna untuk tidak khawatir akan ketersediaan obat di posko. Kebutuhan obat akan disediakan dari Gudang Obat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Pelaksanan posko kesehatan akan dilaksanakan selama masyarakat masih membutuhkan.


Reporter : St. Risya Alifyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADIWERNA WASPADA BANJIR

Camat dan Kapusk Adiwerna bersama Kasi Surveilans Dinkes Kab. Tegal Banjir yang melanda di beberapa desa wilayah Kecamatan Adiwerna K...